Kode Mata Kuliah : -
Jumlah SKS : 2 (dua)
Semester/ Kelas : III (tiga) / A dan B
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Tahun Akademik : 2011/2012
Dosen : Prof. Dr. Djahir Basyir, M.Pd
Dra. Rosmini Djauhari, M.M
Sri Hidayati S.Hi S.PdI M.Pd
Sri Hidayati S.Hi S.PdI M.Pd
Mata Kuliah Pra Syarat : Landasan Pendidikan
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mencakup pembahasan dan pengkajian tentang tugas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran agar peserta didik menguasai materi yang diajarkan baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Untuk mencapai tujuan tersebut secara maksimal, guru wajib memahami karakter masing-masing peserta didik baik dari aspek biologis, psikologis, sosial emosional serta kedudukan peserta didik sebelum dan selama proses pembelajaran itu berlangsung. Maka mata kuliah Perkembangan Peserta Didik (PPD) memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam aktivitas belajar dan proses belajar, kondisi-kondisi yang terkait dengan efektifitas belajar serta masalah-masalah yang terjadi di dalamnya. Dalam pembahasan selanjutnya akan dijabarkan mengenai hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, karakter peserta didik, implikasi pertumbuhan dan perkembangan terhadap penyelenggaraan pendidikan, dan konsep penyesuaian diri peserta didik usia sekolah menengah/remaja.
Standar Kompetensi : Memahami hakikat peserta didik dan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam aktivitas belajar dan proses belajar, kondisi-kondisi yang terkait dengan efektifitas belajar serta masalah-masalah yang terjadi di dalamnya.
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Ajar | Rincian Materi | Waktu | Alat/Bahan/Sumber Belajar | Soft Skill |
1 | Memahami hakikat karakteristik dan perbedaan individu | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu: 1. Memahami ciri dan sifat atau karakteristik umum individu. 2. Mengenal aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan individu. 3. Memahami makna pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik dan hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan. 4. Memahami karakteristik siswa sekolah menengah untuk mempersiapkan rencana kegiatan dalam proses belajar mengajar. | Hakikat karakteristik dan perbedaan individu | 1. Hakikat individu dan karakteristiknya. 2. Perbedaan individu. 3. Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan individu. | 4 x 35’ | § LCD,Laptop, Kertas § Sunarto dan Ny B. Agung Hartono (2008). § Mohammad Ali dan Mohammad Ashrori (2006). § Syamsu Yusuf dan Nani M.Sugandhi (2011). | Kejujuran, tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah. |
2 | Memahami pertumbuhan dan perkembangan remaja | 1. Memahami makna pertumbuhan dan perkembangan. 2. Memahami hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan. 3. Memahami karakteristik pertumbuhan dan perkembangan remaja. 4. Memahami jenis-jenis kebutuhan dan pemenuhannya. | Pertumbuhan dan perkembangan remaja | 1. Hakikat pertumbuhan dan perkembangan. 2. Tugas-tugas perkembangan. 3. Hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan. 4. Remaja (karakteristik pertumbuhan dan perkembangannya). 5. Jenis-jenis kebutuhan dan pemenuhannya. 6. Kebutuhan remaja, masalah, dan konsekuensinya | 6 x 35’ | § LCD,Laptop, Kertas § Syamsu Yusuf dan Nani M.Sugandhi (2011) § Baharuddin (2009): | Kejujuran, tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah. |
3 | Memahami pertumbuhan fisik | 1. Memahami makna dan karakteristik pertumbuhan fisik remaja. 2. Memahami perbedaan individu dalam pertumbuhan fisik. 3. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik. 4. Memahami pengaruh pertumbuhan fisik terhadap tingkah laku. 5. Memahami upaya membantu pertumbuhan fisik remaja dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. | Pertumbuhan fisik | 1. Penyebab perubahan fisik 2. Pengaruh pada tingkah laku 3. Implikasi pertumbuhan fisik remaja dalam penyelenggaraan pendidikan. | 2 x 35’ | § LCD,Laptop, Kertas § Sunarto dan Ny B. Agung Hartono (2008). § Mohammad Ali dan Mohammad Ashrori (2006). § Syamsu Yusuf dan Nani M.Sugandhi (2011). | Kejujuran, tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah. |
4 | Memahami perkembangan intelek, sosial, dan bahasa. | 1. Memahami makna intelek, hubungan intelek dan tingkah laku, karakteristik perkembangan intelek remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, perbedaan individu dalam kemampuan dan perkembangan intelek, serta usaha-usaha yang membantu pengembangannya dalam proses pembelajaran. 2. Memahami makna dan jenis-jenis bakat khusus, kaitan antara bakat dan prestasi, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bakat khusus, perbedaan individu dalam bakat khusus, serta upaya pengembangannya dalam penyelenggaraan pendidikan. 3. Memahami makna dan karakteristik perkembangan sosial remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi dan pengaruhnya terhadap tingkah laku, perbedaan individual dalam hubungan sosial serta upaya pengembangan hubungan sosial remaja dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. 4. Memahami makna dan karakteristik perkembangan bahasa remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa, pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir, perbedaan individual dalam perkembangan bahasa, serta upaya pengembangan kemampuan bahasa remaja dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. | Perkembangan intelek, sosial, dan bahasa serta Implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan. | 1. Perkembangan intelek 2. Bakat khusus 3. Perkembangan sosial 4. Perkembangan bahasa | 4 x 35’ | § LCD,Laptop, Kertas § Sunarto dan Ny B. Agung Hartono (2008). § Mohammad Ali dan Mohammad Ashrori (2006). § Syamsu Yusuf dan Nani M.Sugandhi (2011). § Baharuddin (2009). | Kejujuran, tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah. |
5 | Memahami perkembangan afektif | 1. Memahami konsep-konsep dasar perkembangan emosi (pengertian, karakteristik perkembangannya, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi, hubungan antara emosi dan tingkah laku, perbedaan individu dalam perkembangan emosi, contoh upaya pengembangan emosi remaja dalam penyelenggaraan pendidikan). 2. Menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan nilai, moral, dan sikap (pengertian, keterkaitan antara nilai-moral-sikap serta pengaruhnya terhadap tingkah laku, karakteristik nilai-moral-sikap remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai-moral-sikap remaja, perbedaan individu dalam perkembangan nilai-moral-sikap, contoh upaya pengembangan nilai-moral-sikap remaja dalam penyelenggaraan pendidikan) | Perkembangan afektif remaja serta Implikasinya terhadap penyelenggaraan pendidikan. | 1. Perkembangan emosi. 2. Perkembangan nilai, moral, dan sikap. | 4 x 35’ | § LCD,Laptop, Kertas § Sunarto dan Ny B. Agung Hartono (2008). § Mohammad Ali dan Mohammad Ashrori (2006). § Syamsu Yusuf dan Nani M.Sugandhi (2011). § Baharuddin (2009). | Kejujuran, tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah. |
6 | Memahami tugas perkembangan kehidupan pribadi, pendidikan dan karir, serta kehidupan berkeluarga. | 1. Memahami tugas perkembangan remaja dalam kehidupan pribadi. 2. Memahami tugas perkembangan remaja dalam kehidupan pendidikan dan karir. 3. Memahami tugas perkembangan remaja dalam kehidupan berkeluarga. | Tugas perkembangan remaja dalam kehidupan pribadi, pendidikan dan karir, serta kehidupan berkeluarga. | 1. Perkembangan kehidupan pribadi sebagai individu. 2. Perkembangan kehidupan pendidikan dan karir. 3. Tugas perkembangan remaja berkenaan dengan kehidupan berkeluarga. 4. Implikasi tugas-tugas perkembangan remaja dalam penyelenggaraan pendidikan. | 4 x 35’ | § LCD,Laptop, Kertas § Sunarto dan Ny B. Agung Hartono (2008). § Mohammad Ali dan Mohammad Ashrori (2006). § Syamsu Yusuf dan Nani M.Sugandhi (2011). § Baharuddin (2009). | Kejujuran, tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah. |
7 | Memahami konsep penyesuaian diri peserta didik pada usia remaja | 1. Menjelaskan pengertian penyesuaian diri. 2. Menjelaskan proses penyesuaian diri. 3. Menjelaskan karakteristik penyesuaian diri secara positif. 4. Menjelaskan karakteristik penyesuaian diri yang negatif. 5. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyesuaian diri. 6. Menjelaskan contoh permasalahan penyesuaian diri remaja. 7. Menjelaskan implikasi proses penyesuaian remaja terhadap penyelenggaraan pendidikan. | Konsep penyesuaian diri remaja | 1. Konsep dan penyesuaian diri. 2. Permasalahan-permasalahan penyesuaian diri remaja. 3. Implikasi proses penyesuaian remaja terhadap penyelenggaraan pendidikan. | 2 x 35’ | § LCD,Laptop, Kertas § Sunarto dan Ny B. Agung Hartono (2008). § Mohammad Ali dan Mohammad Ashrori (2006). § Syamsu Yusuf dan Nani M.Sugandhi (2011). § Baharuddin (2009). | Kejujuran, tanggung jawab, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memecahkan masalah. |
No Response to "SILABUS MATA KULIAH DAN KONTRAK PERKULIAHAN"
Posting Komentar